Warung Bebas

Selasa, 31 Januari 2012

Kingdom Tower

Dominasi Burj Khalifa sebagai menara tertinggi di dunia tak lama lagi berakhir. Arab Saudi akan mengalahkannya dengan membangun Kingdom Tower, menara setinggi lebih 1.000 meter.



Menara itu akan dibangun di kota pelabuhan Jeddah. Miliarder Saudi Alwaleed bin Talal telah meneken kontrak US$ 1,23 miliar dengan Bin Laden Group untuk pembangunan menara yang makan waktu 5 tahun itu. Bangunan itu akan menjadi pusat Kota Kerajaan (Kingdom City) yang dikembangkan di pinggiran Jeddah oleh Kingdom Holding milik Pangeran Alwaleed.

“Membangun menara ini di Jeddah mengirim pesan finansial dan ekonomi yang tidak bisa diabaikan,” kata Pangeran Alwaleed kepada wartawan sebagaimana dilansir MSNBC, Rabu (3/8/2011).

“Ini memiliki kedalaman politis untuk memberitahu dunia bahwa kami, warga Saudi, berinvestasi di negara kami terlepas dari apa yang terjadi di sekitar kita, peristiwa-peristiwa, kekacauan, bahkan revolusi,” ujarnya.

Adrian Smith + Gordon Gill, firma arsitektur dari Chicago, terpilih untuk mendesain Kingdom Tower. Tower ini nantinya akan mewujud menjadi sebuah hotel Four Seasons, service apartement, perkantoran kelas A, kondominium mewah dan observatorium tertinggi di dunia.
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Bila bangunan telah jadi, menara setinggi 1.000 meter plus itu akan menggantikan Burj Khalifa di Dubai sebagai menara tertinggi di dunia. Burj Khalifa yang memiliki ketinggian 828 meter dibangun oleh Emaar Properties dengan nilai 1,5 miliar dolar.

Berapa tepatnya ketinggian Kingdom Tower masih menjadi rahasia yang dijaga ketat, meskipun informasi yang berkembang menyebutkan setidaknya 173 meter lebih tinggi dari Burj Khalifa.

“Ini bukan 1.000 meter. Ini lebih, lebih tinggi beberapa meter…Angkanya rahasia, hanya sedikit orang yang tahu,” kata Pangeran Alwaleed, keponakan Raja Abdullah. Kingdom Tower nantinya memiliki 59 elevator dan 12 eskalator.

0 komentar em “Kingdom Tower”

Poskan Komentar

 

tambah info Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger