Warung Bebas

Minggu, 15 Januari 2012

Kapal 'Titanic' Italia Tabrak Karang !


Foto: Reuters

Roma - Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam setelah menabrak karang di Lepas Pantai Italia. Enam orang tewas dan ribuan penumpang bersama awak kapal berhasil dievakuasi.Kapal mewah itu berangkat dari pelabuhan Civitavecchia dekat Roma dan dijadwalkan mengunjungi Palermo, Cagliari, Palma, Barcelona dan Marseille. Diperkirakan jumlah penumpang sebanyak 3.200 orang, termasuk wanita hamil dan anak-anak. Tercatat ada sekitar 1.000 awak kapal yang juga berhasil dievakuasi.

Seperti diberitakan The Telegraph, Sabtu (14/1/2012), enam orang tewas dan beberapa orang lainnya terluka. Penjaga pantai masih berjuang untuk menyelamatkan para penumpang yang tersisa.

Wisatawan dari Perancis, Italia, Jerman dan Inggris menyelamatkan diri dengan menggunakan sekoci ketika kapal menabrak karang setelah dua jam meninggalkan pelabuhan. Beberapa penumpang melompat ke laut dan berenang ke pantai di dekat pulau Giglio, lepas pantai Tuscan.

Seorang penumpang menceritakan saat itu sekitar pukul 20.00 waktu setempat, terjadi ledakan keras saat penumpang sedang menikmati makan malam. Melalui pengeras suara, petugas kapal mengatakan kapal mengalami gangguan listrik sebelum akhirnya meminta semua orang mengenakan pelampung.

"Itu seperti kapal Titanic. Anda sebaiknya mengatakan langsung bahwa kapal itu menabrak sesuatu dan bukan dengan mengatakan terjadi gangguan listrik," kata seorang penumpang wanita.

Salah seorang penumpang lainnya, Fabio Costa mengatakan setelah alarm darurat berbunyi, orang-orang mulai panik dan saling mendorong untuk ke dalam sekoci. "Banyak orang jatuh menuruni tangga dan terluka," terangnya.

Perusahaan Costa Crociera yang memiliki kapal Costa Concordia mengatakan belum mengetahui penyebab terjadinya insiden itu dan penyelidikan masih sedang berlangsung.


Jakarta - Sedikitnya 170 Warga Negara Indonesia (WNI) berada di atas kapal pesiar Costa Concordia yang karam setelah menabrak karang di lepas pantai Tuscan, Italia. Dari jumlah tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia di (KBRI) Roma telah berhasil mengidentifikasi 60 WNI yang rata-rata berprofesi sebagai pekerja di kapal mewah itu."Dari 170 WNI yang berada di atas kapal itu, 64 orang telah berhasil diidentifikasi dan semua dalam keadaan sehat," terang Kepala Fungsi Konsuler KBRI Roma, June Kuncoro, kepada detikcom, Minggu (15/1/2012).

June mengatakan 64 orang terdiri dari 60 orang laki-laki dan 4 perempuan. Saat ini mereka tengah berada di dua hotel berbeda, yaitu Hotel Fattoria la Principina dan Hotel Nuovo Pareto. Hotel ini berada di Provinsi Grosseto, wilayah Toscana. Lokasi itu sekitar 3 jam dari tempat kejadian.

"Dua di antara mereka luka ringan, luka saat proses evakuasi, dan keduanya laki-laki," katanya.

Sedangkan untuk 110 WNI lainnya, KBRI masih terus melakukan pencarian. June berharap semua dalam keadaan sehat.

"Mereka susah dihubungi karena HP mereka mungkin hilang, selain itu berkas-berkas penting mereka juga tenggelam. Tapi kita akan terus mencari dan melakukan konfrimasi, dan memastikan agar 170 itu dalam keadaan aman," tambahnya.

Musibah terjadi pada Jumat 13 Januari 2011 saat makan malam. Ketika kapal menabrak karang, orang-orang berebutan menyelamatkan diri. Suasananya sangat kacau, menakutkan, air laut sangat dingin dan gelap gulita, persis seperti yang digambarkan di film Titanic yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo Di Caprio.

Dua jasad telah ditemukan yaitu dua turis Prancis dan seorang kru dari Peru. Sedangkan 40-an lainnya masih dicari. Kapal pesiar paling besar yang pernah dibangun di Italia itu saat musibah mengangkat 4.229 orang, 1.000 di antaranya kru. Kru kapal mayoritas berasal dari Asia.

sumber : detik.com


1 komentar:

  • 16 Januari 2012 14.38

    The tips you shared here are quite useful. It had been such a fun surprise to get that waiting for me once i woke up this very day. They are constantly to the point and straightforward to learn. Thank you so much for the innovative ideas you've got shared here.

    delete

Poskan Komentar

 

tambah info Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger